Selasa, 12 Februari 2013

Entitas Sistem Basis Data


PENDAHULUAN
Dalam sebuah sistem basis data terdapat sebuah struktur yang menyusunnya yang disebut entitas, record, field dan sebagainya. Dalam struktur tersebut juga terdapat relasi atau hubungan antar entitas.Selain itu terdapat beberapa macam key atau kunci yang digunakan untuk mengidentifikasikan sebuah field dalam tabel.

LANDASAN TEORI
Entitas memiliki peranan penting dalam sistem basis data ,karena jika tidak ada sek.mpulan entitas sistem basis data tidak terbentuk. Karena Sistem Basis Data terbentuk dari satu data dan dijadikan satu  kemudian dihubungkan agar menghasilkan informasi yang jelas,
Entitas merupakan sesuatu yang dapat digambarkan oleh data. Entitas dapat juga diartikan sebagai sebuah individu yang mewakili sesuatu yang nyata serta dapat dibedakan oleh sesuatu yang lain (Fathansyah, 1999). Sedangkan menurut wikipedia, entitas adalah sesuatu yang memiliki keberadaan yang unik dan berbeda. Walaupun tidak harus berbentuk fisik. Contoh dari entitas dalam database sebuah bank adalah nasabah, simpanan, dsb
Dalam database juga terdapat sebuah istilah yang disebut record. Record atau tuple adalah kumpulan field yang saling berhubungan. Masing-masing record tersebut menyimpan sebuah data yang hanya satu entitas. Istilah lain dari record adalah baris (row) dan tupel.
Selain itu juga terdapat field atau atribut. Field atau atribut didefinisikan sebagai sebuah data terkecil yang mempunyai makna. Field juga disebut dengan kolom.

Secara ringkas, domain dapat diartikan sebagai nilai-nilai yang dapat diasosiakan ke dalam setiap atribut. Dalam domain terdapat integritas domain yang berarti validasi masukan dari sebuah kolom. Dengan integritas tersebut tak ada data yang melanggar jangkauan nilai di tiap-tiap kolom data.


RELASI ANTAR ENTITAS
Terdapat beberapa relasi antar entitas antara lain:
One to one, yang berarti setiap entitas dalam sebuah himpunan entitas A berhubungan maksimal dengan sebuah entitas dalam himpunan entitas B.


One to many, pada one to many setiap entitas dalam himpunan entitas A dapat berhubungan dengan banyak entitas dalam himpunan entitas B. Tetapi entitas dalam himpunan entitas B berhubungan maksimal satu dengan entitas dalam himpunan entitas A.

many to one merupakan kebalikan dari  one to many, yaitu setiap  himpunan entitas A berhubungan maksimal satu entitas dalam himunan entitas B, dan setiap himpunan entitas B berhubungan dengan banyak entitas pada himpunan A


Many to many, berarti setiap entitas dalam himpunan entitas A berhubungan banyak dengan entitas dalam himpunan entitas B. Begitu juga sebaliknya, setiap entitas dalam himpunan entitas B berhubungan banyak dengan entitas dalam himpunan entitas A.





KEY DALAM RELATION
Kunci (key) merupakan satu atau lebih atribut yang menentukan atribut lainnya. Atau dapat juga disebut dengan antara atribut yang saling berkaitan. Terdapat beberapa jenis kunci (key) dalam sebuah relaion.
Super key, merupakan gabungan semua field.
Candidate key, merupakan atribut-atribut yang mengidentifikasikan gabungan dari nilai-nilai yang unik. Setiap tabel memiliki satu atau lebih candidat key.
Primary key, (kunci utama) merupakan kunci yang dipilih untuk mengidentifikasikan entitas yang paling unik.
Alternate key, merupakan candidate key yang tidak terpilih. Jika dalam sebuah entity terdapat dua field yang dapat digunakan sebagai primary key. Padahal yang dapat dijadikan primary key hanya satu. Dan candidate key yang tak terpilih tersebut merupakan alternate key.
Foreign key, adalah suatu kumpulan field dalam sebuah relasi yang digunakan untuk menunjuk ke suatu baris pada relasi yang lain. Hal ini terjadi jika sebuah primary key terhubung pada entity lain. Dan keberadaan primary key pada entity tersebut disebut sebagai foreign key.
Untuk contohnya dapat dilihat pada tabel berikut:



DAFTAR PUSTAKA
http://artikelcomputers.blogspot.com/2011/11/jenis-jenis-kunci-dalam-dalam-    relation.html diakses pada 3 Februari 2013 14:32
http://lukas.students-blog.undip.ac.id/tag/field/ diakses pada 3 Februari 2013 14:37
http://id.wikipedia.org/wiki/Entitas diakses pada 3 Februari 2013 14:43






1 komentar:

  1. dosen saya menghubungkan antara himpunan dan entitas dalam database. makasih materinya

    BalasHapus